Minggu, 17 Oktober 2010

Resume Mc. word (Layout KTI)

Langkah- langkah pengaturan KTI:
1) Pengaturan layout Pendahuluan dan Bab 1
  • Jarak dari atas ke bawahnya harus 4 spasi. Dapat dilakukan dengan cara : format – paragraph - before 48 - after 6 – ok.
  • Font : Font: arial, size: 14 pt, font style: bold, effect: all caps, color: dark blue
  • Klik ctrl+E (center) untuk meletakkan tulisannya ke tengah.
  • Tulisannya harus dengan huruf capital. Untuk memformatnya dapat dilakukan dengan cara : format – font - all capital.

Untuk menyamakan pengaturan “BAB I” dengan “BAB II”, dapat dilakukan dengan cara :
- Blog bab 1.
- Klik icon style
- Klik tanda segitiga yang terletak di sebelah kanan style - ketik “BAB I” - enter.
- Kemudian klik “BAB II” - klik style dengan nama “BAB I” tadi - enter

2) Cara pembuatan table :
  • Pembuatan table dimulai dari baris yang kosong.
  • Pilih style normal (jangan gunakan style yang berwarna)
  • Pilih Insert – table.
  • Tentukan banyak baris dan kolom yang dibutuhkan. Kemudian pilih ok.
  • Untuk memposisikan tulisan ke tengah dapat dilakukan dengan cara : klik kanan dalam cell - table properties – center.
  • Agar table terlihat pas dan lebih rapi dapat dilakukan dengan cara : klik kanan dalam cell - autofit - autofit contens.

3) Cara membuat grafik dari table yang telah dibuat
  • Masukkan grafik terlebih dahulu dengan cara : insert – picture – chart.
  • Jika batang grafiknya berlebih, maka dapat dihapus dengan cara klik kanan pada ABCD table data sheet, kemudian pilih delete.
  • Jika batang grafik dihapus, maka akan ada tempat grafik yang tersisa. Tempat batang grafik ini dapat dihapus dengan cara : blok tempat batang grafik tersebut - klik kanan di bawah cell data- delete.
Kita juga dapat mengubah bentuk grafiknya dengan cara : 
- Klik kanan pada grafik
- Format data series
- Shape, kemudian pilih bentuk grafik yang diinginkan.
Selain itu, untuk lebih menyempurnakan grafik, kita dapat memberi angka di atas batang grafik. Hal ini dapat dilakukan dengan cara : klik kanan pada batang grafik – format data cell – data labels – value – ok.

Kita juga dapat membuat rumus-rumus dengan cara :
Insert – object – Microsoft Equation 3.0.
Kemudian akan muncul icon-icon yang dapat kita gunakan dalam membuat rumus-rumus tertentu.

4) Cara membuat “add note” dan “foot note”
Head note : peletakan pada halaman yang bersangkutan.
Foot note : catatan kaki pada akhir dokumen.
Untuk membuatnya dapat dilakukan dengan cara : Insert – preference – foot note.

5) Cara membuat halaman pada page.
Pemberian halaman dapat dilakukan dengan cara : insert - page number - pilih bentuk dan letak yang diperlukan – ok.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar